Selasa, 29 Oktober 2019

LABEL & RIBBON


Dalam mencetak barcode dengan printer barcode umumnya ada 2 teknologi yang diterapkan yakni thermal transfer dan direct thermal. Teknologi Thermal Transfer, yaitu proses mencetak barcode yang dilakukan dengan cara printer mengalirkan panas ke Head Printer dimana Head Printer bersentuhan langsung dengan ribbon, sehingga unsur ribbon bisa menempel di label barcode yang sesuai jenisnya. Sedangkan Teknologi Direct Thermal yaitu suatu teknik pemanasan langsung dari printhead printer terhadap label (yang direct thermal tentunya) sehingga tidak dibutuhkan media ribbon lagi dan biasanya hasil kualitas cetaknya tidaklah se-mengkilat (brightness) hasil cetak dengan teknologi thermal transfer.

Berikut beberapa jenis media label & ribbon yang umumnya digunakan pada printer barcode dan dibedakan berdasarkan tipe atau karakteristiknya

LABEL
1. Semi Coat
Adalah label Barcode dengan karakteristik mempunyai semacam lapisan (coat) pada lapisan label paling atas. Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori-pori pada kertas label agar pada saat mencetak barcode menggunakan printer barcode, unsur karbon ribbon dapat tercetak dengan sempurna.  Lapisan ini menyebabkan label terlihat mengkilat apabila kita letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan lebih tahan terhadap cipratan air. Label barcode Semi Coat bisa dibilang label barcode yang paling ekonomis karena harganya lebih murah dibanding label barcode lainnya. Label ini cocok digunakan dengan menggunakan ribbon barcode type Excellent Wax (ribbon Barcode yang unsur wax nya lebih dominan).

2. Vallum
Adalah label barcode dengan karakteristik yang tidak disertai lapisan pada bagian paling atas dari label. Hal ini menyebabkan label barcode jenis ini terlihat lebih putih dan bersih dibanding dengan label barcode Semi Coat. Hasil cetak dengan menggunakan label barcode type Vallum ini merekat lebih kuat dibandingkan dengan hasil cetak dengan menggunakan Semi Coat, karena unsur ribbon yang menempel di label diserap oleh label secara sempurna karena pori-pori label tidak tertutup oleh lapisan. Label ini menggunakan ribbon barcode tipe Excellent Wax sama seperti label barcode Semi Coat. Tetapi apabila terkena cipratan air, label ini lebih cenderung cepat rusak karena lapisan kertas stiker tidak terlindungi lapisan dan air langsung terserap oleh kertas label (mudah pudar).

3. Yufo
Adalah label barcode dengan karakteristik tahan air, tahan panas, dan anti sobek. Label ini cocok digunakan untuk penggunaan di luar ruangan (terkena terik matahari, air hujan dan udara terbuka). Label ini cenderung seperti bahan stiker hologram tetapi tidak mengkilat. Hasil cetak pada label barcode tipe YUFO ini tidak akan hilang meskipun kita gosok dengan kuat. Selain itu, unsur adhesive-nya (lem pada bagian dalam label) pun lebih kuat dibanding dengan label barcode tipe Semi Coat dan Vallum. Ribbon barcode yang cocok digunakan  dengan label ini adalah ribbon barcode dengan type Excellent Resin (ribbon barcode dengan unsur wax paling rendah). Dengan segala kelebihannya label barcode ini pun lebih mahal dibandingkan dengan label barcode tipe Semi Coat atau Vallum.

RIBBON
Ribbon Barcode terdiri dari 3 jenis yang dibedakan berdasarkan bahan Ribbon Barcode itu sendiri. Adapun Ribbon Barcode tersebut adalah Ribbon Wax, Ribbon Wax Resin, dan Ribbon Resin.

·         Ribbon Wax : Merupakan Ribbon Barcode yang paling standard dan ekonomis. Ribbon ini cocok digunakan dengan Label Barcode dengan bahan semi coated atau Label Barcode standard. Ribbon Barcode Wax ini apabila dicetak dengan Label semi coated akan menghasilkan hasil cetak yang bagus tetapi masih bisa rusak apabila terkena gesekan yang kuat.
·         Ribbon Wax Resin : Merupakan Ribbon Barcode satu tingkat diatas Ribbon Wax, Secara karakteristik hampir sama dengan Ribbon Wax tetapi mengenai daya tahan terhadap gesekan jauh lebih bagus dibandingkan dengan Ribbon Wax.

Ribbon Resin: Merupakan Ribbon Barcode yang paling bagus dan mempunyai daya tahan yang sangat kuat, baik terhadap gesekan maupun terhadap cuaca dan cipratan air. Ribbon ini cocok bila digunakan dengan Label Barcode dengan karakteristik YUPO yang anti sobek dan tahan terhadap cuaca dan air.

Tidak ada komentar: